NEWS TICKER

Citizen Journalism

Dari Desa

Pariwara

Hukum

Kriminal

Ekobis

Otomotif

Teknologi

Twitter


Jumat, 28 Oktober 2016

Konvensi Humas Nasional 2016 "Kita adalah Humas untuk Bangsa Indonesia"


XPOSNEWS.com, (Bandung) - Reputasi sebuah negara dilihat dari ukuran Good Country Index (GCI). Pada tahun 2014, GCI Indonesia ada diposisi 119 dari 125 negara. Jauh di bawah negara Asean, seperti Singapura di posisi 24, Thailand (53), Malaysia (58), dan Filipina (114). Namun, posisi Indonesia berhasil naik pada tahun 2016 ini menjadi urutan ke-77 dari 163 negara dunia berkat kerjasama pemerintah, para stakeholder, serta peran serta masyarakat.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Rosarita Niken Widyastuti mengatakan, Humas memiliki peran penting dalam meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia. Untuk itu, menurut Niken Humas memiliki dua fungsi, yaitu untuk kepentingan rakyat dan untuk kepentingan global.

"Good Country Index ini tidak hanya melihat pertumbuhan ekonomi saja, namun juga dilihat budaya, budaya yang menyangkut bukan sekadar kesenian tapi juga habit (kebiasaan) dari masyarakat, kinerja pemerintah, optimisme, dan sikap positif masyarakat," ujar Niken dalam sambutannya.


Niken juga menambahkan, ada tiga unsur penting yang harus dimiliki Humas dalam membangun reputasi. Diantaranya kinerja plus, perilaku plus, dan komunikasi plus. Ketiga unsur ini, menurut Niken bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat dan dunia.

"Humas harus mampu menjawab harapan emosional dan harapan rasional para stakeholder-nya, sehingga bisa lebih proaktif dalam menyampaikan informasi mengenai capaian atau apa yang telah didapatkan oleh pemerintah, swasta, atau masyarakat. Jadi Humas harus mampu menyampaikan kabar baik tentang Indonesia," tutur Niken.

Konvensi Nasional Humas (KNH) 2016 ini diikuti hampir 500 peserta, terdiri dari praktisi dan akademisi kehumasan dari seluruh Indonesia. Ketua Umum BPP Perhumas Agung Laksamana menuturkan bahwa elemen utama dari KNH 2016 antara lain kesiapan Humas dalam berkontribusi lebih besar bagi Indonesia melalui tiga hal, yaitu penetapan kode etik kehumasan baru; peta jalan atau road map kehumasan, yaitu membangun reputasi Indonesia 2030; serta perilisan Buku Indonesia Bicara Baik.


“Tiga kontribusi pemikiran ini diperlukan guna membangun keselarasan kompetensi dasar, kolaborasi, dan sinergi para praktisi Humas dengan berbasis perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Diharapkan secara bertahap mampu menjadikan Indonesia sebagai tujuan perdagangan utama, investasi, destinasi wisata, serta menciptakan produk global,” tukas Agung.

Dalam konvensi ini hadir beberapa pembicara, antara lain: Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI), Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Tony Wenas (CEO April), Rosmaya Hadi (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat), Prita Kemal Gani (Presiden Asean PR Network), serta pembicara lainnya.

Selain itu, pada pembukaan konvensi dideklarasikan pula tanggal 27 Oktober sebagai Hari Humas Nasional. Tujuannya yaitu untuk membangun kesadaran kepada masyarakat bahwa diri kita adalah Humas untuk bangsa ini.

“Hari Humas ini supaya orang membangun kesadaran bahwa siapa sih sebetulnya Humas Indonesia? Bukan hanya praktisi Humas tapi semua Humas; Anda, Saya, dan 255 juta penduduk Indonesia adalah Humas. Jadi kita ingin gaungkan bahwa kalau ada yang bertanya siapa sih Humas Indonesia, Anda harus bilang Saya dan 255 juta penduduk Indonesia lainnya,” pungkas Agung. (HPP Jabar/Frida)

G+

Jika Anda menyukai Berita ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman berita setiap ada berita yang terbit di XPOS NEWS

Print Berita Diatas

Print PDF

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 XPOS NEWS
Share on Blogger Music Free Download. Powered byMadiqtera