XPOSNEWS.com, (Bogor) - Kampanye We Love Cities dilakukan di media sosial dengan mengundang sebanyak-banyaknya partisipasi publik. Terdapat tiga kanal yang dapat digunakan publik untuk memberikan dukungannya kepada setiap kota peserta, mulai dari Facebook, Instagram dan Twitter. Untuk itu beri dukungan anda dengan melakukan voting setiap hari.
Nyoman Iswara Yoga dari World Wildlife Found (WWF)-Indonesia, Senin (25/04) menjelaskan, ketiga kanal yang dimaksudnya sebagai media partisipasi publik ini adalah dengan memberikan vote, mengunggah foto, video, teks, artikel, gambar ilustrasi atau jenis-jenis konten media sosialnya. Dalam kanal media sosial di atas, masyarakat juga dapat memberikan saran, usulan maupun kritik membangun mengenai aksi-aksi nyata yang perlu dan bisa dilakukan oleh kota peserta agar menjadi kota yang berkelanjutan.
"Cara voting ini dapat dilakukan oleh seluruh pengguna sosial sejak kampanye We Love Cities diluncurkan secara global pada 26 April hingga 19 Juni 2016. Voting ini dapat dilakukan berulang kali dari perangkat yang sama dengan batasan sebanyak satu kali setiap 24 jam," jelas Nyoman.
Sedangkan bentuk partisipasi publik yang kedua melalui media sosial ini bisa menggunakan facebook, instagram, dan twitter dengan mencantumkan tanda pagar (tagar) kota yang didukung. Misalnya #WeLoveBogor dan tagar #WeLoveCities.
"Kampanye We Love Cities ini mendorong User Generated Content, dimana publik dapat menciptakan berbagai jenis konten media sosial sekreatif mungkin yang mengangkat tema upaya penanganan perubahan iklim yang dilakukan kota peserta," terang Nyoman.
Seperti halnya dengan cara voting dan mengunggah, Nyoman memaparkan cara ketiga yang memberikan saran, usulan maupun kritik ini dapat dituliskan dalam halaman kota peserta di website www.welovecities.org.
"WWF mengajak publik untuk secara aktif memberikan masukan berupa saran dan usulan ini sebagai bentuk kontribusi positif publik untuk kemajuan kota dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan," paparnya.
Kampanye We Love Cities akan berlangsung selama delapan minggu yang dimulai dari 26 April hingga 19 Juni 2016. Pengumuman kota favorit We Love Cities akan dilakukan pada 22 Juni bersamaan dengan pengumuman kota-kota terpilih dalam Earth Hour City Challenge (EHCC) di Ekuador.
Terakhir, Nyoman menerangkan penilaian akan dilakukan dengan melihat rata-rata dari jumlah voting, unggahan konten di media sosial bertagar kota peserta serta kuantitas dan kualitas saran dan usulan yang diberikan pada halaman kota.
"Kota yang memperoleh dukungan rata-rata terbanyak dari ketiga kanal tersebut akan terpilih sebagai pemenangnya. Kota yang paling favorit dalam We Love Cities ini nantinya akan dinobatkan sebagai The Most Loveable Sustainable City," tutupnya. (Rahmat Maulana)
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman berita setiap ada berita yang terbit di XPOS NEWS
Jika Anda menyukai Berita ini, Silahkan Print Berita Diatas
Print PDF
Posting Komentar